Kata bisnis sudahlah ga asing bagi kita, mulai dari
anak-anak, orangtua pun pasti pernah dengar kata-kata ini. pada kesempatan kali
ini saya akan mencoba mngulas tentang manajemen bisnis. Bisnis adalah suatu kegiatan
menjual barang atau jasa yang menjanjikan kesejahteraan dan keuntungan bagi
para pelakunya, tapi bisnis juga mempunyai resiko yang besar pula. Untuk itu
supaya kita ga mengalami kerugian maka kita harus mempunyai persiapan, peracaan
dan pelaksanaan yang matang.
Salah satunya dengan
melakukan manajemen secara tepat dalam bisnis. Pada suatu perusahaan manajemen
bisnis memegang sebuah peranan yang penting, yaitu menentukan perusahaan itu
terus dapat bertahan ataupun harus menanggung kebangkrutan dari segala macam
tekanan, hambatan dan rintangan dunia bisnis. Dengan adannya manajemen yang
baik suatu perusahaan akan dapat berkembang menjadi lebih besar. Untuk itu
perlu dilakukannya prinsip dan standarisasi dalam menjalankan suatu bisnis pada
suatu perusahaan. Prinsip dan standarisasi diantaranya sebagai berikut,
1. Perencanaan yang matang
Suatu perusahaan
dapat bertahan maupun berkembang di sebabkan oleh beberapa factor. Salah satu
yang terpenting adalah pengelolaan sumber daya perusahaan dengan perencanaan
yang matang. Sukses atau tidaknya suatu perusahaan ga cuma di ukur dengan
kekuatan modal perusahaan, namun bagaimana kita sebagai seorang manajer dapat
memberikan perencanaan secara matang baik dalam mengambil keputusan atau
menentukan anggaran biaya perusahaan. Dengan rencana yang matang itu perusahaan
dapat mengantisipasi hadangan dan rintangan yang telah diperhitungkan
sebelumnya.
Kita ambil contoh
perusahaan makanan dan minuman telah menyiapkan promosi-promosi khusus hari
raya menjelag lebaran, seperti edisi khusus lebaran maupun pembelian perpaket .
Hal itu dilakukan agar barang dagangan mereka dapat bersaing dengan competitor
lainnya.
2. Sumber daya
manusia yang berkuailias, loyal dan sejahtera
Sumber Daya Manusia
(SDM) yang berkualitas juga sangat berpengaruh untuk membuat perusahaan dapat
bersaing dengan para competitornya. Dengan SDM yang baik perusahaan dapat
menjalankan tuganya secara efektif dan efisien, namun hal itu tidak cukup
diperlukan hubungan emosional yang baik antara karyawan dengan perusahaan.
Untuk itu kesejahteraan karyawan harus tercapai terlebih dahulu, setelah
kesejahteraan terpenuhi maka karyawan akan memberikan tenaga dan kemampuannya
secara maksimal kepada perusahaan dikarenakan mereka puas terhadap perusahaan.
Kita ambil contoh apabila kesejahteraan karyawan belum terpenuhi, maka dia akan
mencari pekerjaan sampingan di luar perusahaan. Hal tersebut membuat hasil
kerja tidak focus dan tidak efektif. Oleh sebab itu kesejahteraan karyawan juga
harus diperhatikan agar karyawan tetap loyal kepada perusahaan kita.
3. Manager yang terbuka dan tegas
Manager memegang
peranan penting dalam berkembang atau tidaknya suatu perusahaan. Hal tersebut
dikarenakan manajer merupakan sosok pemimping yang memberikan arahan kepada
para karyawannya, oleh sebab itu setiap manager harus mempunyai wibawa dalam
pandangan karyawannya. Selain sudah seharusnya seorang manager harus dapat
bersikap terbuka, sehingga dapat menampung saran dan kritik dari karyawannya.
Dengan sikap terbuka hubungan perusahaan terhadap karyawan akan terjaga,
sehingga menumbuhkan tim kerja yang solid. Selain itu manager juga harus dapat
bertindak tegas pula dalam menjalankan pekerjaannya, seperti dalam pengambilan
keputusan. Karena pada tangan seorang manejer suatu perusahaan dapat terus
bertahan
4. Lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung
Memperhatikan
lingkungan kerja merupakan hal yang harus dilakukan oleh manager. Dikarenakan
kantor merupakan tempat bagi karyawan menghabiskan sebagian besar waktu mereka.
Coba dibayangkan jika karyawan merasa tidak betah pada lingkungan kerja, maka
mereka menjadi tidak kosentrasi pada pekerjaan dan ingin segera meninggalkan
kantor. Oleh sebab itu kita harus dapat menjaga lingkungan keluarga menjadi
senyaman mungkin baik dalam kebersihan, kerapian maupun kondisi keharmonisan
dalam lingkungan kerja. Kondisi infrastruktur yang kurang baik dapat menghambat
efektifitas pekerjaan. Kita ambil contoh pada perusahaan percetakan hanya
memiliki beberapa mesin cetak tua, sehingga efektifitas kerja karyawan akan
tidak maksimal. Kemudian keharmonisan karyawan jika patut dipertahankan, jika
ada perseteruan antara karyawan sudah sepatutnya kita dapat menyelesaikannya
5. Selalu belajar
Dalam dunia bisnis
semua perubah dan perkembang begitu cepat, baik itu ternd pasar maupun
tekhnologi. Oleh sebab itu kita harus senantiasa belajar perkembangan bisnis
yang ada. Dengan selalu mempelajari perkembangan yang ada kita dapat terus
bertahan dan bersaing di dalam lingkungan bisnis. Perusahaan harus mempelajari dan
menerapkan berbagai perkembangan dan perubahan yang mampu memberikan manfaat
yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Dengan demikian maka perusahaan akan
selalu dapat berkembang, dan berjalan seiring dengan perubahan dan perkembangan
yang ada
Sumber : http://cahyo08.wordpress.com/2009/10/10/manajemen-bisnis-pada-sebuah-perusahaan/
No comments:
Post a Comment