TOPIK
: MENYIKAPI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK
TUJUAN
Artikel
ini bertujuan untuk meminimalkan penggunaan gadget pada anak terutama pada anak
yang masih dibawah umur. Karna banyak dampak negatif dari penggunaan gadget
pada anak tanpa diawasi oleh orang tua. penelitian psikologi menunjukkan 3
substansi yang juga tidak kalah bahayanya, yaitu keluarga, televisi dan gadget.
Keluarga adalah tempat yang nyaman sekaligus tempat anak melekat. Jika tak
mampu lepas dari kelekatan terhadap keluarga, maka anak akan kesulitan untuk
mandiri. Televisi dan gadget membuat anak pasif dan asosial.
OPINI
Berdasarkan
jurnal yang saya baca tersebut, artikel ini masuk kedalam teks eksposisi dan
argumentasi. Karna artikel ini menjelaskan tentang sesuatu yang bersifat
informatif yang bertujuan agar memberikan wawasan lebih untuk para pembacanya
dan didalamnya pun terdapat pendapat-pendapat orang lain.
FORMULA
S1
+ P1+(O/pel)(+ket)
S1
+ P1 + konjungsi + S2 + P2
1. Banyak
orangtua menyangka bahwa gadget dan televisi adalah dewa penolong. Ada yang
merasa terbantu, karena gadget dan televisi dapat menemani anak, sehingga tidak
rewel dan merepotkan orangtuanya
2. Ada
juga yang merasa terbantu, karena bisa membantu anak lebih pandai berbicara,
seperti contoh yang sudah aku sebutkan. Padahal gadget dan televisi menimbulkan
kelekatan, keterpakuan dan anak menjadi pasif.
3. Kali
ini kita bicarakan tentang gadget, karena pertanyaan dari seorang peserta
seminar sebenarnya tentang pemanfaatan gadget.
4. Berbicara
tentang televisi dan gadget, orang dewasa saja yang bisa menimbang mana yang
baik dan yang tidak, bisa menyusun skala prioritas, membuat rencana dan
sebagainya, masih sangat mungkin kecanduan gadget, apalagi anak-anak yang
fileternya masih lemah
5. Anak
memang mendapatkan nuansa hiburan dari bermain game. Itu juga berguna bagi
anak. Namun jika hiburan tersebut justru menyita perhatian anak dan membuatnya
kecanduan, maka hal itulah yang membuat kita waspada
MENENTUKAN
KALIMAT KOORDINATIF, KOLERATIF DAN SUBORDINAT
1. Koordinatif
: Jika game yang digunakan oleh anak memang dibuat dengan tujuan untuk
meningkatkan kemampuan tertentu, misalnya berbahasa atau berhitung.
karena kalimat tersebut menghubungkan dua atau lebih unsur yang sama pentingnya
atau setara. Kalimat yang dibentuk disebut kalimat majemuk setara. Konjungsinya
menggunakan kata ‘atau’.
2. Koleratif
: Banyak orangtua menyangka bahwa gadget dan televisi adalah dewa penolong. Ada
yang merasa terbantu, karena gadget dan televisi dapat menemani anak, sehingga
tidak rewel dan merepotkan orangtuanya. karena
menghubungkan dua atau lebih unsur yang memiliki status sintaksis yang
sama dan membentuk frasa atau kalimat. Konjungsinya menggunakan kata
‘sehingga’.
3. Subordinat
: Ada seorang peserta bertanya dan menyatakan bahwa anaknya banyak
belajar dengan menggunakan gadget, juga belajar dari televisi. karena
menghubungkan dua atau lebih klausa yang tidak memiliki status sintaksis yang
sama. Konjungsi membentuk anak kalimat yang jika digabungkan dengan induk
kalimat akan membentuk kalimat majemuk bertingkat. Menggunakan Konjungsi
subordinatif komplementasi ‘bahwa’.
SUMBER
: http://rudicahyo.com/parenting-artikel/bagaimana-menyikapi-penggunaan-gadget-oleh-anak/
Blogwalking:)--------------------> pammadistro.blogspot.com
ReplyDelete