Friday, October 4, 2013

Manajemen Bisnis pada sebuah Perusahaan dalam bahasa resmi



Kata bisnis sudahlah ga asing bagi kita, mulai dari anak-anak, orangtua pun pasti pernah dengar kata-kata ini. pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mngulas tentang manajemen bisnis. Bisnis adalah suatu kegiatan menjual barang atau jasa yang menjanjikan kesejahteraan dan keuntungan bagi para pelakunya, tapi bisnis juga mempunyai resiko yang besar pula. Untuk itu supaya kita ga mengalami kerugian maka kita harus mempunyai persiapan, peracaan dan pelaksanaan yang matang.
 Salah satunya dengan melakukan manajemen secara tepat dalam bisnis. Pada suatu perusahaan manajemen bisnis memegang sebuah peranan yang penting, yaitu menentukan perusahaan itu terus dapat bertahan ataupun harus menanggung kebangkrutan dari segala macam tekanan, hambatan dan rintangan dunia bisnis. Dengan adannya manajemen yang baik suatu perusahaan akan dapat berkembang menjadi lebih besar. Untuk itu perlu dilakukannya prinsip dan standarisasi dalam menjalankan suatu bisnis pada suatu perusahaan. Prinsip dan standarisasi diantaranya sebagai berikut,
 1. Perencanaan yang matang
 Suatu perusahaan dapat bertahan maupun berkembang di sebabkan oleh beberapa factor. Salah satu yang terpenting adalah pengelolaan sumber daya perusahaan dengan perencanaan yang matang. Sukses atau tidaknya suatu perusahaan ga Cuma di ukur dengan kekuatan modal perusahaan, namun bagaimana kita sebagai seorang manajer dapat memberikan perencanaan secara matang baik dalam mengambil keputusan atau menentukan anggaran biaya perusahaan. Dengan rencana yang matang itu perusahaan dapat mengantisipasi hadangan dan rintangan yang telah diperhitungkan sebelumnya.
 Kita ambil contoh perusahaan makanan dan minuman telah menyiapkan promosi-promosi khusus hari raya menjelag lebaran, seperti edisi khusus lebaran maupun pembelian perpaket . Hal itu dilakukan agar barang dagangan mereka dapat bersaing dengan competitor lainnya.
 2. Sumber daya manusia yang berkuailias, loyal dan sejahtera
 Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas juga sangat berpengaruh untuk membuat perusahaan dapat bersaing dengan para competitornya. Dengan SDM yang baik perusahaan dapat menjalankan tuganya secara efektif dan efisien, namun hal itu tidak cukup diperlukan hubungan emosional yang baik antara karyawan dengan perusahaan. Untuk itu kesejahteraan karyawan harus tercapai terlebih dahulu, setelah kesejahteraan terpenuhi maka karyawan akan memberikan tenaga dan kemampuannya secara maksimal kepada perusahaan dikarenakan mereka puas terhadap perusahaan. Kita ambil contoh apabila kesejahteraan karyawan belum terpenuhi, maka dia akan mencari pekerjaan sampingan di luar perusahaan. Hal tersebut membuat hasil kerja tidak focus dan tidak efektif. Oleh sebab itu kesejahteraan karyawan juga harus diperhatikan agar karyawan tetap loyal kepada perusahaan kita.


 3. Manager yang terbuka dan tegas
 Manager memegang peranan penting dalam berkembang atau tidaknya suatu perusahaan. Hal tersebut dikarenakan manajer merupakan sosok pemimping yang memberikan arahan kepada para karyawannya, oleh sebab itu setiap manager harus mempunyai wibawa dalam pandangan karyawannya. Selain sudah seharusnya seorang manager harus dapat bersikap terbuka, sehingga dapat menampung saran dan kritik dari karyawannya. Dengan sikap terbuka hubungan perusahaan terhadap karyawan akan terjaga, sehingga menumbuhkan tim kerja yang solid. Selain itu manager juga harus dapat bertindak tegas pula dalam menjalankan pekerjaannya, seperti dalam pengambilan keputusan. Karena pada tangan seorang manejer suatu perusahaan dapat terus bertahan
 4. Lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung
 Memperhatikan lingkungan kerja merupakan hal yang harus dilakukan oleh manager. Dikarenakan kantor merupakan tempat bagi karyawan menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Coba dibayangkan jika karyawan merasa tidak betah pada lingkungan kerja, maka mereka menjadi tidak kosentrasi pada pekerjaan dan ingin segera meninggalkan kantor. Oleh sebab itu kita harus dapat menjaga lingkungan keluarga menjadi senyaman mungkin baik dalam kebersihan, kerapian maupun kondisi keharmonisan dalam lingkungan kerja. Kondisi infrastruktur yang kurang baik dapat menghambat efektifitas pekerjaan. Kita ambil contoh pada perusahaan percetakan hanya memiliki beberapa mesin cetak tua, sehingga efektifitas kerja karyawan akan tidak maksimal. Kemudian keharmonisan karyawan jika patut dipertahankan, jika ada perseteruan antara karyawan sudah sepatutnya kita dapat menyelesaikannya
 5. Selalu belajar
 Dalam dunia bisnis semua perubah dan perkembang begitu cepat, baik itu ternd pasar maupun tekhnologi. Oleh sebab itu kita harus senantiasa belajar perkembangan bisnis yang ada. Dengan selalu mempelajari perkembangan yang ada kita dapat terus bertahan dan bersaing di dalam lingkungan bisnis. Perusahaan harus mempelajari dan menerapkan berbagai perkembangan dan perubahan yang mampu memberikan manfaat yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Dengan demikian maka perusahaan akan selalu dapat berkembang, dan berjalan seiring dengan perubahan dan perkembangan yang ada

Sumber : http://cahyo08.wordpress.com/2009/10/10/manajemen-bisnis-pada-sebuah-perusahaan/

No comments:

Post a Comment