Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan  dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari  sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi  adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah  perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.”[2] Sehingga dalam menjalankan usaha  kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi  pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang  mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran  Menurut W.Y.Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh  sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan  harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa  yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.[3]  Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan  apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki  tujuan yaitu :
- Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
- Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
- Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa  kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor  sebagai berikut :
- Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
- Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut pandang penjual :
- Tempat yang strategis (place),
- Produk yang bermutu (product),
- Harga yang kompetitif (price), dan
- Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
- Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
- Biaya konsumen (cost to the customer),
- Kenyamanan (convenience), dan
- Komunikasi (comunication).
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat  disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh  konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan  suatu perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya  koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian  pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya  melakukan kegiatan pemasaran.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
 
No comments:
Post a Comment